Saturday, February 15, 2020

SEKILAS TENTANG MASJID ABU DARDA PEKANBARU




Oleh Siswo Kusyudhanto
Masjid Ma'had Abu Darda adalah salah satu masjid berbasis kajian Sunnah yang terkenal dikalangan masyarakat Pekanbaru, masjid yang mulai beroperasional sejak 2016 ini berukuran 50x45 meter, sebuah ukuran yang cukup besar untuk ukuran masjid, mampu menampung lebih dari 2000 orang jamaah ini juga terasa sangat istimewa kita masuk kedalamnya, masjid ini full AC, dan terhampar karpet tebal bikinan eropa, hampir semua lantai dan dinding masjid ini dari marmer berkelas, dan yang paling bikin istimewa adalah kita tidak akan menemukan kotak amal di masjid ini, alias donatur masjid ini cuma satu orang mulai pembangunan hingga perawatan, konon untuk pembangunannya menelan dana 40 miliar rupiah, dan perawatan sampai puluhan juga perbulan, beliau jarang tampil dimuka umum, mungkin itu hak beliau untuk menjaga keikhlasannya dan sebaiknya ini menjadi teladan bagi kita soal merahasiakan sedekah, insyaAllah.
Masjid Abu Darda termasuk masjid istimewa bukan saja dari kontruksi bangunannya yang mewah, namun keistimewaan yang utama adalah dari kemakmuran masjid ini yang sarat dengan amal ibadah, sebut saja jika kita tiap hari stay di masjid ini akan kita temui setiap hari ramai dengan kelas bacaan Al-Qur'an, mulai anak-anak, remaja, muslimah hingga dewasa. Selain itu ada kajian rutin dan tabligh akbar yang diisi banyak ustadz dan syaikh.
Jika masuk Bulan Ramadhan shalat terawih yang diadakan terasa nikmat karena per malam imam shalat membacakan satu juz Al-Qur'an, sehingga satu bulan Ramadhan genap khatam 30 juz. Juga saat buka bersama pihak masjid menyajikan makan dan minum gratis bagi mereka yang singgah di masjid ini.
Dengan segala daya tariknya tidak mengherankan jika Masjid Ma'had Abu Darda juga menjadi destinasi wisata religi bagi wisatawan yang ingin mengetahui masjid ini dari dekat, tidak jarang banyak orang dari luar Kota Pekanbaru berkunjung ke masjid ini.
Semoga dimasa depan makin banyak masjid serupa Masjid Ma'had Abu Darda Pekanbaru, selain masjidnya nyaman dan mewah juga makmur dengan berbagai kegiatan belajar mengajar ilmu syar'i dan amal ibadah lainnya, aamiin.

No comments:

Post a Comment