Tuesday, August 4, 2020

Imam Al-Gazali : Jenggot adalah pembeda antara Laki-laki dan wanita


Kadang heran dengan sebagian orang yang katanya ngajinya Kitab 'Uluumid Diin karya Imam Al-Gazali, tapi sangat memusuhi orang yang berjenggot, ada yang bilang jenggot tanda orang bodoh, ada yang bilang jenggot kayak tusuk sate dan ejekan serupa, padahal Imam Al-Gazali sangat memuliakan amalan Sunnah berjenggot ini, SubhanaAllah.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

عَشْرٌ مِنْ الْفِطْرَةِ قَصُّ الشَّارِبِ وَإِعْفَاءُ اللِّحْيَةِ وَالسِّوَاكُ وَاسْتِنْشَاقُ الْمَاءِ وَقَصُّ الْأَظْفَارِ..

“Sepuluh perkara yang termasuk fithrah: Memotong kumis, memelihara jenggot, bersiwak, memasukkan air ke dalam hidung, memotong kuku….” (HR. Muslim)

Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam juga memerintahkan kita untuk memelihara jenggot. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

انْهَكُوا الشَّوَارِبَ وَأَعْفُوا اللِّحَى

“Potonglah kumis dan peliharalah jenggot.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Seorang ulama menyebutkan bahwa jenggot adalah perhiasan bagi laki-laki, artinya jika laki-laki memiliki jenggot, maka ia lebih terlihat jantan, terlihat gagah dan lebih maskulin.

Al-Gazali berkata,

فإن اللحية زينة الرجال …وبها يتميز الرجال عن النساء

“Sesungguhnya jenggot adalah perhiasan para lelaki… dengan jenggot akan terbedakan antara laki-laki dan wanita” (Ihyaa ‘Uluumid-Diin 2/257)

Al-Gazali juga berkata,

وقال شريح القاضي : وَدِدْتُ أَنَّ لِي لَحْيَةً وَلَوْ بَعَشْرَةِ آلاَفٍ

“Syuraih Al-Qadhi berkata, ‘Aku sangat ingin memiliki jenggot, meskipun harus membayar sepuluh ribu (dinar/dirham)’.” (Ihyaa ‘Uluumid -Diin 2/257)

Sumber Referensi "Jenggot adalah Fitrah seorang pria", karya Ustadz Dr. Raehanul Bahraen di web Muslim.or

No comments:

Post a Comment