Saturday, November 9, 2019

MEREKA ADALAH ORANG YANG BERUSAHA MENJADI BAIK


Oleh Siswo Kusyudhanto
Beberapa waktu yang lalu saya ajak seorang teman yang masih awam kepada kajian Sunnah untuk ikut saya shalat Juma'at di Masjid Raudhatul Jannah, karena dia mengaku belum pernah kesana dan ingin tau seperti apa keadaan Masjid Raudhatul Jannah saat Sholat Juma't.
Ketika sampai disana dia heran karena dari luar masjid ini seperti sunyi karena tidak ada suara murattal Al-Qur'an sebagaimana masjid-masjid lainnya ketika menjelang shalat Jum'at, namun ketika dia masuk ke dalam masjid dia sangat terkejut, ternyata didalamnya ada ratusan bahkan ribuan orang tengah membaca Al-Qur'an, meskipun suara mereka pelan ketika membaca namun karena banyaknya orang suaranya jadi lumayan riuh juga, seharusnya hal demikian juga diikuti jamaah masjid-masjid lainnya yakni ketika akan memasuki waktu shalat Juma't yang ngaji adalah orang yang ada di masjid itu, bukan rekaman syaikh fulan atau si fulan, semoga suatu saat kebiasaan seperti ini menular ke masjid-masjid lainnya, aamiin.
Ada komentar teman saya itu yang mengharuskan saya menyanggahnya, dia berkata, "MasyaAllah lihatlah jamaahnya pria jenggotan, celana cingkrang dan gamis, demikian juga dengan jamaah akhwatnya berhijab lebar dan banyak yang bercadar, pasti mereka orang-orang yang baik", saya langsung menyanggahnya, " Bukan orang baik tapi mereka orang-orang yang berusaha memperbaiki diri yaa, karena kalau kita buka riwayat mereka sebelumnya kita akan temukan sebelumnya mereka adalah orang-orang yang banyak berbuat dosa dimasa lalu dan saat ini mereka sedang berusaha keras memperbaiki diri'.
Kalau kita sibak chassing mereka yang gamis mungkin dimasa lalu menyimpan banyak kesalahan dan dosa.
Mungkin didalamnya ada seseorang yang berusaha keras menjauhkan diri dari riba, dan memaksakan diri meninggalkan gaya hidup tinggi untuk turun di gaya hidup yang sederhana agar lepas dari jerat-jerat riba.
Atau mungkin dibalik itu ada seseorang yang suka akan hal-hal yang berkaitan dengan syirik dan kebid'ahan dan saat ini setelah mereka taubat mereka berusaha tidak bersinggungan dengan hal-hal itu karena tau dosanya, dan akan mempersulit mereka kelak saat hisab.
Atau juga dibalik chassing itu ada seseorang yang berusaha menjauhkan diri dari perbuatan yang berkaitan dengan segala bentuk kemaksiatan seperti zina, narkoba, judi dan seterusnya.
Semoga kita juga termasuk orang-orang yang sedang berusaha memperbaiki diri, dan istiqomah diatas ketaatan kepada Allah dan RasulNya, aamiin.
Allah Azza wa Jalla berfirman :
الَّذِينَ يَجْتَنِبُونَ كَبَائِرَ الْإِثْمِ وَالْفَوَاحِشَ إِلَّا اللَّمَمَ ۚ إِنَّ رَبَّكَ وَاسِعُ الْمَغْفِرَةِ
“(Yaitu) orang yang menjauhi dosa-dosa besar dan perbuatan keji yang selain dari kesalahan-kesalahan kecil. Sesungguhnya Rabb-mu Maha Luas ampunanNya…” [An Najm/53 : 32].
Foto jamaah Masjid Raudhatul Jannah Pekanbaru

No comments:

Post a Comment