Wednesday, November 6, 2019

JANGAN LETAKKAN HARGA DIRIMU KE SESUATU


Oleh Siswo Kusyudhanto
Dalam kajian Kitab Tauhid karya Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab beberapa hari yang lalu di Masjid Raudhatul Jannah Pekanbaru, ketika Ustadz membahas tentang keutamaan tauhid dan dengan tauhid seseorang kelak akan selamat di akhirat, beliau membahas tentang riwayat sabda Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa Sallam ini yang disampaikan kepada Mu'adz bin Jabal, dalam riwayat hadits tersebut dikisahkan beliau Shallallahu alaihi wa Sallam menaiki seekor keledai membonceng Mu'adz bin Jabal, kata Ustadz,
"lihat bagaimana agungnya sikap Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa Sallam, beliau hanya menaiki seekor keledai, seperti kita ketahui dijaman itu keledai adalah tunggangan paling rendah levelnya, diatas keledai adalah Onta dan paling atas secara level adalah kuda, artinya kuda kendaraan paling mewah dijaman itu, padahal beliau adalah pemimpin negara, pemimpin umat, punya banyak pengikut, namun beliau bersikap sederhana dalam segala hal termasuk soal tunggangannya.
Seharusnya ini menjadi teladan bagi kita dalam mengarungi kehidupan.
Bandingkan dengan keadaan saat ini banyak diantara kita meletakkan marwahnya(dalam kamus besar bahasa Indonesia, Marwah artinya martabat, gengsi, pangkat) kepada tunggangan dan materi, banyak orang saat ini menyematkan marwahnya kepada mobilnya, merasa malu jika menaiki kendaraan yang sederhana, seakan bukan level dia, pada akhirnya dia naik kendaraan yang sesuai marwahnya, akibat meletakkan marwahnya kepada mobilnya ketika mobilnya tergores sedikit saja dia sedih dan marah bahkan stress.
Padahal kendaraan bisa berganti setiap waktu.
Sejatinya kemuliaan tidak terletak kepada sesuatu kenakan, tapi tergantung dari keimanan, amal dan ibadah kita kepada Allah Azza wa Jalla.
Waallahua'lam."
Dalam sebuah hadits disebutkan,
عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَة رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : إِنَّ اللهَ لاَ يَنْظُرُ إِلَى صُوَرِكُمْ وَ أَمْوَالِكُمْ وَ لَكِنْ يَنْظُرُ إِلَى قُلُوْبِكُمْ وَ أَعْمَالِكُمْ
Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, ia berkata: Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda, ”Sesungguhnya Allah tidak memandang kepada rupa kalian, juga tidak kepada harta kalian, akan tetapi Dia melihat kepada hati dan amal kalian”.
TAKHRIJ HADITS
Hadits ini shahîh. Diriwayatkan oleh:
1. Muslim dalam kitab Al Birr Wash Shilah Wal Adab, bab Tahrim Dzulmin Muslim Wa Khadzlihi Wa Ihtiqarihi Wa Damihi Wa ‘Irdhihi Wa Malihi, VIII/11, atau no. 2564 (33).
2. Ibnu Majah dalam kitab Az Zuhud, bab Al Qana’ah, no. 4143.
3. Ahmad dalam Musnad-nya II/ 539.
4. Baihaqi dalam kitab Al Asma’ Wa Shifat, II/ 233-234, bab Ma Ja’a Fin Nadhar.
5. Abu Nu’aim dalam kitab Hilyatul Auliya’, IV/103 no. 4906.
Sumber Referensi "Ikhlas" karya Ustadz Yazid bin Abdul Qodir Jawas di almanhaj.or

No comments:

Post a Comment