Saturday, November 9, 2019

KITA SERING MENYIMPANG DARI AMANAH ALLAH, NAMUN ALLAH MAHA PENGAMPUN


Oleh Siswo Kusyudhanto
Dalam kajian Sabtu Pagi yang lalu dalam pembahasan Kitab Tauhid karya Syaikh Muhammad Abdul Wahab di Masjid Raudhatul Jannah Pekanbaru, ada bagian disinggung oleh ustadz yang menarik untuk direnungkan, yakni tentang sifat Allah yang Maha Pengampun.
Kita diberi amanah umur oleh Allah Azza wa Jalla, namun sebagian umur kita lebih banyak kita gunakan untuk bermaksiat kepada Allah Azza wa Jalla.
Kita diberi amanah mata oleh Allah Azza wa Jalla, namun mata kita sering digunakan untuk melihat sesuatu yang diharamkan oleh Allah Azza wa Jalla.
Kita diberi amanah telinga oleh Allah Azza wa Jalla, namun telinga kita lebih sering digunakan untuk mendengarkan hal-hal yang diharamkan oleh Allah Azza wa Jalla.
Kita diberi amanah tangan oleh Allah Azza wa Jalla, namun tangan kita sering digunakan untuk melakukan hal zalim yang dilarang oleh Allah Azza wa Jalla.
Kita diberi amanah kaki oleh Allah Azza wa Jalla, namun kaki kita sering digunakan untuk melangkah ke tempat-tempat maksiat dan dimana ada perbuatan yang dilarang oleh Allah Azza wa Jalla.
Kalau disebutkan satu persatu demikian banyaknya kezaliman yang kita lakukan, demikian banyaknya kejahatan yang pernah kita lakukan, dan begitu banyak perbuatan kita yang mengingkari amanah yang diberikan oleh Allah Azza wa Jalla kepada kita.
Namun betapapun banyaknya dosa dan kejahatan yang pernah kita lakukan, Allah Azza wa Jalla sediakan ampunan yang sangat luas kepada hambaNya, bahkan menyediakan surga untuk orang-orang yang bertaubat, yakni orang-orang yang meninggalkan segala bentuk kezaliman dan kemudian kembali kepadaNya.
Betapa Maha Pengampun Nya Allah Azza wa Jalla, betapa besar kasih sayang Allah Azza wa Jalla kepada hambaNya.
Waalahua'lam.
Allah Azza wa Jalla berfirman :
قُلْ يَا عِبَادِيَ الَّذِينَ أَسْرَفُوا عَلَىٰ أَنْفُسِهِمْ لَا تَقْنَطُوا مِنْ رَحْمَةِ اللَّهِ ۚ إِنَّ اللَّهَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيعًا ۚ إِنَّهُ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ
Katakanlah: Hai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah, sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dia-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang [az-Zumar/39:53]

No comments:

Post a Comment