Sunday, August 29, 2021

Yasinan minumnya Ashiil air mineral? Kenapa enggak?

 Bismillah



Oleh Siswo Kusyudhanto
Alhamdulillah saya termasuk orang yang dapat banyak pelajaran dari para Ustadz tentang teknik berdakwah, mulai yang konvensional seperti mengajak orang datang ke kajian, membagi buku ke kalangan masyarakat, sampai yang digital seperti share link kajian, kasih link web para Ustadz dan seterusnya.
Banyak cara berdakwah yang sesuai kemampuan kita masih awam akan ilmu agama, jadi tidak ada alasan untuk tidak berdakwah.
Beberapa waktu lalu saya sedang lewat sebuah lingkungan dan nampak sedang ada acara yang dihadiri puluhan orang, selidik punya selidik ternyata mereka sedang Yasinan, dan ketika lewat pas depan lokasi Yasinan saya di bikin kaget sekaligus tersenyum, dipintu masuk acara Yasinan itu tertumpuk sejumlah konsumsi untuk jamaah, termasuk beberapa karton air mineral merk Ashiil, MasyaAllah.
Ini menurut saya salah satu teknik dakwah yang cerdas, mungkin kalau kita bilang bahwa Yasinan tidak ada tuntutannya kepada mereka yang suka Yasinan pasti dituding balik "suka mengkafirkan", padahal menurut beberapa ulama berbuat bid'ah belum kafir, tapi bid'ah baru masuk dosa besar seperti dosa besar lainnya, tidak membuatnya keluar dari Islam, Allahua'lam.
Dengan mengenalkan merk Ashiil air mineral diharapkan mereka familiar dengan logo dan namanya dengan demikian mereka akan mudah menerima link kajian Ashiil TV atau posting media sosial Ashiil, Aamiin.
Kalau dalam dunia pemasaran ini namanya "branding", apa sih itu branding?
Istilah branding berasal dari kata brand yang berarti merek. Lantas, apa itu branding yang dilakukan perusahaan dalam menjalankan bisnis? Branding merupakan pencitraan agar suatu produk dapat menarik dan melekat di benak konsumen. Bisa dibilang bahwa branding bisa diartikan sebagai bentuk komunikasi perusahaan dengan konsumen yang menjadi sasaran.
Misal setiap hari kita berangkat bekerja di pagi hari, setiap hari kita melewati baliho besar pasta gigi merk "Ajib", dan demikian juga ketika pulang bekerja kita melewati baliho yang sama, padahal kita adalah konsumen setia merk pasta gigi
mantap
, namun karena setiap hari kita melihat baliho merk Ajib tanpa kita sadari suatu saat ketika pasta gigi dirumah habis kita kemudian mencari rak pasta gigi yang diambil bukan merk pasta gigi merk
mantap
lagi, tapi merk ajib, demikianlah branding bekerja, Allahua'lam.
Semoga tulisan ini menginspirasi teman-teman dalam berdakwah, Aamiin.
-------
Allah Ta’ala berfirman:
ادْعُ إِلَى سَبِيلِ رَبِّكَ بِالْحِكْمَةِ وَالْمَوْعِظَةِ الْحَسَنَةِ وَجَادِلْهُمْ بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ إِنَّ رَبَّكَ هُوَ أَعْلَمُ بِمَنْ ضَلَّ عَنْ سَبِيلِهِ وَهُوَ أَعْلَمُ بِالْمُهْتَدِينَ
“serulah (manusia) kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk” (QS. An Nahl : 125).

No comments:

Post a Comment