Saturday, September 26, 2020

Catatan Dosa kita berapa halaman ?

 


Oleh Siswo Kusyudhanto
Ini adalah sebuah berkas perkara, ada teman Jaksa sedang mengusut sebuah perkara korupsi, total berkas perkaranya kalau dibukukan sejumlah 8 Rim, satu rim 500 halaman, kalau 8 Rim artinya 4000 halaman, padahal hanya satu berkas perkara dari satu kejahatan yang dilakukan seseorang.
Lalu pertanyaannya berapa halaman berkas perkara kita yang dicatat malaikat atas kejahatan dan kemaksiatan yang pernah kita lakukan seumur hidup, yang jelas bukan satu saja kejahatan yang kita lakukan, mungkin bisa jadi berjuta-juta halaman catatan kejahatan dan maksiat kita, Astaghfirullah, ampuni ya Rabb kami yang pendosa ini, Aamiin.
Semoga menjadi pengingat bagi kita untuk selalu bertaubat, Aamiin.
Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:
وَوُضِعَ الْكِتَابُ فَتَرَى الْمُجْرِمِينَ مُشْفِقِينَ مِمَّا فِيهِ وَيَقُولُونَ يَا وَيْلَتَنَا مَالِ هَذَا الْكِتَابِ لَا يُغَادِرُ صَغِيرَةً وَلَا كَبِيرَةً إِلَّا أَحْصَاهَا وَوَجَدُوا مَا عَمِلُوا حَاضِرًا وَلَا يَظْلِمُ رَبُّكَ أَحَدًا
“Dan diletakkanlah Kitab, lalu kamu akan melihat orang-orang bersalah ketakutan terhadap apa yang (tertulis) di dalamnya, dan mereka berkata: ‘Aduhai celakalah kami, Kitab apakah ini yang tidak meninggalkan yang kecil dan tidak (pula) yang besar, melainkan ia mencatat semuanya. Dan mereka dapati apa yang telah mereka kerjakan ada (tertulis). Dan Tuhan-mu tidak menganiaya seorang pun.” (QS Al-Kahfi: 49)

No comments:

Post a Comment