Monday, July 16, 2018

KEUTAMAAN MENYAYANGI ANAK YATIM PIATU


Oleh Siswo Kusyudhanto
Ketika Ustadz Firdaus, pimpinan Pondok Al Markiz, Lipat Kain, Kampar Kiri, Kampar, Riau menceritakan ada salah satu santrinya yang yatim, dan sangat kekurangan, dia gak punya sandal untuk digunakan beraktivitas, bahkan jika ingin ambil wudhu ketika akan shalat harus menunggu pinjaman sandal temannya, bikin air mata meleleh, bagaimana tidak, ketika banyak anak kecil merengek minta kepada orang tua mereka gadget terbaru, atau wifi, atau kuota internet dan kemanjaan mewah lainnya, namun disisi lain dibumi ini ada anak yang saking miskinnya untuk memilik sepasang sandal saja sebuah hal yang mustahil, MasyaAllah.
Mendengar cerita seperti itu jadi ingat perkataan Ustadz Armen Halim Naro Lc Rahimahullah, beliau mengatakan, "salah jalan melembutkan hati kita, agar tidak keras karena perkara-perkara dunia, yakni dengan mengunjungi anak yatim piatu menyantuni mereka dan mengusap kepala mereka(menyanyangi mereka), dan mendengar kisah-kisah mereka, dan dengan demikian insyaallah hati kita akan lembut".
Memang benar perkataan beliau, mendengar kisah-kisah anak yatim piatu menjadikan kita haru, dan meruntuhkan ego dan kesombongan diri kita, dan makin menyadari banyak orang didunia ini sangat malang nasibnya, juga dengan demikian menjadikan kita bersyukur atas pemberian Allah Ta’ala.
Dalam satu haditsnya, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
أنا وَ كَافِلُ اليَتِيْمِ في الجَنَّةِ هكَذَا وَ أشَارَ بَالسَبَابَةِ وَ الوُسْطَى وَ فَرَّجَ بَيْنَهُمَا
“Aku dan pemelihara anak yatim di surga nanti, kedudukannya seperti (dua jari ) ini,” dan Beliau memberikan isyarat dengan jari telunjuk dan jari tengahnya dan memisahkan keduanya”.
- HR Bukhari (9/ 439-Fathu Al Bari).” Lihat Bahjatun Nazhirin (I/ 350).
Dalam hadits tersebut, Rasulullah memberikan permisalan yang sangat gamblang tentang luhurnya kedudukan pemelihara anak yatim. Bahwa di surga nanti mereka memiliki kedudukan yang sangat dekat dengan Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam.
Sumber referensi "Tarbiyah Anak Yatim", di almanhaj.or.id
Foto kegiatan Tahfizh Pondok Pesantren Al Markiz, Lipat Kain, Kampar Kiri, Kampar, Riau.

No comments:

Post a Comment