Sunday, August 28, 2016

Ya Ustadz apakah doa kepada orang tua sampai?

Ya Ustadz apakah doa kepada orang tua sampai?



Seseoang bertanya kepada Ustadz Maududi Abdullah, "ya ustadz apakah doa kepada orang tua yang sudah meninggal akan sampai?', ustadz menjawab, " mohon maaf perbaiki pertanyaan anda dulu, karena jika maksudnya berdoa ditujukan kepada Allah namun anda tanyakan apakah sampai pada orang tua, itu sama artinya anda menanyakan apakah ketika saya berkirim surat kepada ayah yang alamatnya di Medan, anda bertanya apakah surat sampai ke Ibu saya di Padang?, tentu mustahil, karena kita alamatkan surat menuju itu ke Medan maka mustahil surat itu sampai ke Padang. Secara syariat berdoa yang ditujukan kepada orang tua, meminta berkah dan terkabul doa kepada arwah orang yang telah meninggal hukumnya adalah haram. Yang benar yakni kita menunjukan doa kepada Allah, meminta kepada Allah mengabulkan doa kita, jika yang kita minta adalah demi kebaikan kepada orang tua kita yang sudah meninggal maka soal dikabulkan atau tidak itu terserah Allah. Jika doa anda meminta orang tua anda diampuni dan dimuliakan disisiNya kemudian dikabulkan oleh Allah artinya orang tua anda mendapatkan manfaat, jika doa anda meminta kepada Allah tidak dikabulkan maka itu tidak menjadi manfaat bagi orang tua anda, tapi memberi manfaat bagi anda, yakni pahala dari berdoa kepada Allah".
firman Allah Ta’ala,
وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ
“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku. Maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (QS. Al Baqarah: 186)

No comments:

Post a Comment