Saturday, August 13, 2016

Membangun umat dimulai dari aqidah tauhid


Seperti sunnahnya, membangun umat ini dimulai dari menegakkan aqidah tauhid.

Saya sering ditegur beberapa orang yang tidak paham,  kok sering posting yang memuat bid'ah dan syirik sehingga memicu perdebatan, mendingan posting yang mengajak untuk memikirkan saudara2 kita seiman dinegara lain yang kesulitan.
Alasannya simpel, perbaikan umat ini dimulai dari aqidahnya dulu, seperti banyak Ustadz sampaikan, Rasulullah diawal turunnya Islam bukan mengajari shalat, atau
mengajak umat zakat atau syariat lainnya, bahkan kalau menilik sejarah nabi baru menjalankan shalat pada tahun kedua kerasulan beliau, tahun pertama Allah turunkan perkara aqidah tauhid, dengan demikian beliau dalam sejarahnya diawali dengan menanamkan pemahaman aqidah tauhid yang benar dan hal itu menjadi pondasi bagi keimanan umat musljm saat itu, seperti kata Ustadz Maududi Abdullah, "aqidah tauhid ibarat pondasi dari sebuah rumah, jika pondasinya kuat mustahil rumah itu mudah dirobohkan, sebaliknya jika pondasi itu rapuh maka datang angin agak kencang atau hujan deras niscaya rumah itu roboh dan hanyut".
Maka mustahil seseorang muslim memikirkan muslim lainnya ketika pemahamannya masih bercampur dengan kesyirikan dan kebid'ahan, dia akan disibukkan oleh amalan2 bid'ah dan syiriknya.
Sebaliknya dengan aqidah tauhid yang bersih dari kebid'ahan dan kesyirikan seorang muslim dapat berbuat lebih banyak.
Misal dr sudut dana bagi amalan kebid'ahan di Indonesia jika dikumpulkan mungkin trilyunan rupiah, dana sebesar itu dapat untuk memberi santunan pengungsi di Myanmar, Suriah, Irak, Palestina, Khasmir dst. Tapi dana itu terbuang sia2 utk biaya amalan2 bid'ah.
Juga soal bantuan moril, mustahil seseorang yang berpaham bid'ah dan kesyirikan mensupport muslim ditempat lain sementara dia sibuk menjaga kepentingan kelompoknya dengan sibuk berbuat anarkis seperti demo, pengusiran, pengrusakan dst. Pada kelompok lain yang tidak sepaham seperti yang terjadi di Aceh, Batam, Surabaya, Jember, Lombok dst.
Kesimpulannya membangun umat ini dimulai dengan membersihkan aqidah tauhid dr segala kotorannya,  Waallahua'lam.

No comments:

Post a Comment