Saturday, August 20, 2016

Kita keras pada perzinahan dan lunak pada riba"

Kita keras pada perzinahan dan lunak pada riba"


Kita akan marah, mencaci maki, juga mampu bertindak anarkis dan memperlakukan hina pada pelaku perzinahan yang ada disekeliling kita, namun kita tidak perduli kepada perbuatan riba disekeliling kita, seakan membenarkan tindakan itu, padahal dosa riba lebih buruk dari perzinahan.
Ibnu Majah, Al-Hakim dan Al-Baihaqi meriwayatkan dari Ibnu Mas’ud Radiyallahu ‘Anhu bahwa Nabi Shallallahu ‘Alahi Wasallam bersabda,
“Riba ada 73 pintu. Yang paling ringan adalah seperti orang yang berzina dengan ibu kandungnya.” (Sunan Ibnu Majah, 2275, Al-Mustadrak, 2/37 dan Syu’abul Iman, 5519)
Anas bin Malik berkata, “Rasulullah Shallallahu ‘Alihi Wasallam pernah berkhutbah di hadapan kami lalu menyebut riba dan menganggapnya sebagai persoalan besar. Dan beliau bersabda,
“Sesungguhnya uang satu dirham yang didapat oleh seseorang dari riba itu lebih besar dosanya di sisi Allah dibanding 28 kali dosa zina yang dilakukan orang tersebut,” (HR. Ibnu Abid Dunya dalam Ash-Shamtu, 175, dan Al-Baihaqi dalam Syu’abul Iman, 5519)

Dikutip dr Ustadz Armen Halim Naro Lc Rahimahullah.

No comments:

Post a Comment