Sunday, March 11, 2018

JANGAN BERHENTI ROMATIS, INSYAALLAH BAHAGIA



Oleh Siswo Kusyudhanto

Kadang kalau lihat dan dengar ada teman berbicara mesra dengan istrinya jadi ingat kajian Ustadz Armen Halim Naro Lc Rahimahullah., dalam salah satu kajiannya beliau mengatakan, " antum tau kenapa ada pertengkaran dalam rumah tangga sulit diselesaikan, atau sampai mereka bercerai?, Hal ini diawali dari keadaan dimana tidak ada romantisme diatas suami dan istri, seorang suami menganggap istrinya seperti batu, demikian juga dengan sang istri. Romantisme diantara mereka hanya disaat awal pernikahan, namun setelah berjalannya waktu romantisme itu luntur, merasa hal seperti itu tidak diperlukan. Pada akhirnya hati mereka keras satu sama lain, akibatnya mereka sulit berkomunikasi, sering salah paham, sehingga hanya karena persoalan sepele mereka dapat terlibat dalam pertengkaran hebat.
Padahal bersikap romantis kepada pasangan diperlukan berapa lamapun mereka menikah, mau 10 tahun, 20 tahun, atau 30 tahun dan seterusnya, berbicara dan bersikaplah dengan istri antum sebagaimana berbicara dengan seorang kekasih, itu akan menjaga kebahagiaan dalam rumah tangga.
Kebahagiaan dalam rumah tangga bukan artinya tampa pertengkaran sama sekali, sepi dari perbedaan, namun kebahagiaan berumah tangga adalah ketika dimana sepasang suami istri dapat menyelesaikan masalah diantara mereka dengan cara sesuai syariat agama."
Karena Allah Ta’ala perintahkan,
وَعَاشِرُوهُنَّ بِالْمَعْرُوفِ
“Dan bergaullah dengan mereka (istri-istri kalian) dengan baik.” (QS. An Nisa’: 19).
وَلَهُنَّ مِثْلُ الَّذِي عَلَيْهِنَّ بِالْمَعْرُوفِ
“Dan para wanita mempunyai hak yang seimbang dengan kewajibannya menurut cara yang ma’ruf.” (QS. Al Baqarah: 228).
Dari ‘Aisyah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
خَيْرُكُمْ خَيْرُكُمْ لأَهْلِهِ وَأَنَا خَيْرُكُمْ لأَهْلِى
“Sebaik-baik kalian adalah yang berbuat baik kepada keluarganya. Sedangkan aku adalah orang yang paling berbuat baik pada keluargaku” (HR. Tirmidzi no. 3895, Ibnu Majah no. 1977, Ad Darimi 2: 212, Ibnu Hibban 9: 484. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih).
Ibnu Katsir rahimahullah berkata mengenai surat An Nisa’ ayat 19 di atas, “Berkatalah yang baik kepada istri kalian, perbaguslah amalan dan tingkah laku kalian kepada istri. Berbuat baiklah sebagai engkau suka jika istri kalian bertingkah laku demikian.” (Tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim, 3: 400)
Sumber referensi: "Panggilan mesra seakan sirna", karya Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal MSc. Di web muslim.or.id

No comments:

Post a Comment